Senin, 01 Februari 2010

Triskaidekafobia

Triskaidekafobia adalah sebuah rasa takut yang irasional akan bilangan 13. Kata triskaideka berasal dari bahasa Yunani yaitu tris = tiga, kai = dan, deka = sepuluh. Hal ini sering kali dianggap sebagai takhayul. Ketakutan akan hari Jumat yang jatuh pada tanggal tiga belas disebut paraskavedekatriafobia atau friggatriskaidekafobia.

Asal-usul

Konon di Dunia Barat ketakutan akan bilangan 13 dihubungkan dengan posisi ketiga belas pada Perjamuan Terakhir Yesus, yaitu Yudas Iskariot, si penghianat. Kemudian sebuah tahun syamsiah ataupun kamariah selalu terdiri dari 12 bulan sementara sebuah tahun luni-solar terdiri dari 13 bulan.
Namun Triskaidekafobia juga mempengaruhi bangsa Viking – oleh mereka dipercayai bahwa Loki dalam panteon Dewa Norwegia merupakan Dewa ke-13. Di kemudian hari oleh orang Kristen dikatakan bahwa ia adalah Iblis atau merupakan malaikat ke-13.

Contoh

  • Pada beberapa pesawat penumpang seperti Continental Airlines, tidak ada kelompok kursi bernomor 13.
  • Beberapa terminal bandara tidak memiliki gerbang bernomor 13.
  • Di Formula Satu dan beberapa ajang balap lainnya, tidak ada mobil balap yang mengusung angka 13.
  • Komponis Arnold Schoenberg menderita triskaidekafobia. Ia lahir dan meninggal pada tanggal 13.
  • Di Amerika Serikat, tidak ada pesawat bernama F-13 karena para pilot banyak yang percaya dengan tahayul ini.
  • Ekspedisi Apollo 13 ke bulan dianggap gagal karena menyandang nomor ke-13. Apollo 13 diluncurkan pada pukul 13:13 EST pada 11 April 1970. Namun para awak pesawat selamat, sehingga tidak bisa dikatakan sial.

Fobia mirip

Di Tiongkok, Jepang, dan Korea, yang ditakutkan adalah bilangan empat. Karena dalam bahasa Mandarin atau bahasa Tionghoa secara umumnya, pelafazan kata “mati” dan “empat” adalah sama. Selain itu harus diperhatikan pula bahwa bilangan 1+3 (yang berada pada angka 13) jika ditambah menghasilkan angka 4.

0 komentar:

Posting Komentar