Senin, 23 April 2012

Kekuatan Fokus

Jika kita mengejar sepuluh ekor ayam pada saat bersamaan,  kemungkinan besar tidak akan ada satu ekor ayam pun yang akan tertangkap. Coba fokuskan perhatian untuk mengejar satu ekor ayam saja, sangat mungkin kita bisa menangkapnya dengan mudah. Itulah contoh sederhana dari fokus. Kita akan lebih mudah mendapatkan apa yang diinginkan jika tetap fokus pada tujuan.
Orang yang tidak fokus, sangat sulit mendapatkan apa yang diinginkan. Ada pepatah mengatakan if you want to get too many things, finally you get nothing. Artinya jika kita menginginkan terlalu banyak, akhirnya kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Kita tidak mungkin mendapatkan semua yang kita inginkan sekaligus dalam waktu yang hampir bersamaan. Semua perlu waktu dan proses.
Kekuatan fokus adalah menghimpun semua potensi untuk melakukan apapun yang dibutuhkan dalam meraih keinginan. Pikiran, fisik, mental dan hati kita tertuju dan mengarah ke satu arah. Hanya target itulah yang kita inginkan. Dengan fokus, langkah kaki tak akan kesana kemari, ke kanan atau ke kiri. Mantap dan pasti kaki akan melangkah ke apa yang dicari.
Contoh lainnya yang mungkin pernah kita coba adalah kaca pembesar yang bisa memfokuskan sinar matahari. Kertas yang terkena sinar matahari yang terfokus oleh kaca pembesar bisa terbakar. Hal ini terjadi karena sinar matahari terkonsentrasi di satu titik saja sehingga kekuatannya berkumpul dan bersatu hingga bisa membakar kertas. Coba kalau kaca pembesarnya terus bergerak, pasti kertasnya tidak akan terbakar karena sinar mataharinya tidak terfokus.
Salah satu penyebab tidak fokus adalah sering membandingkan diri dengan orang lain. Mungkin kita sudah punya keinginan tapi ketika melihat orang lain berhasil di bidang lain akhirnya kita terpengaruh dan ikut-ikutan. Apa yang sudah diinginkan terlupakan dan kita sibuk dengan dengan keinginan yang baru.
Penyebab lain tidak fokus adalah kita tidak konsisten dengan pilihan kita sendiri. Bila ada orang lain yang meragukan apa yang kita lakukan, kita jadi bimbang dan akhirnya berhenti berusaha. Kita cari pilihan lain dan terus begitu. Tidak pernah fokus karena tidak komitmen dengan apa yang anda inginkan.
Fokus adalah kekuatan dan tidak fokus adalah kelemahan. Fokus akan memudahkan kita menuju sukses. Tidak fokus akan menghambat kita meraih sukses. Pilihannya sudah jelas, kita harus FOKUS. Stay focus or you loose.
(Dikutip dari http://blogfarhan.com)

0 komentar:

Posting Komentar